Ketahui Cara Kerja SEO untuk Susun Strategi SEO

Cara Kerja SEO

Apakah Anda baru saja memulai “perjalanan” SEO situs Anda? Jika iya, Anda sudah datang ke artikel yang tepat. Sebelum benar benar terjun langsung untuk mengoptimasi situs Anda dengan SEO, Anda harus paham bagaimana cara kerja SEO. Sebenarnya sah sah saja jika Anda tidak melakukan optimasi SEO sendiri melainkan menggunakan layanan jasa SEO. Namun, hal – hal dasar seperti ini sudah selayaknya untuk Anda ketahui.

Definisi Search Engine Optimization (SEO)

Seperti yang telah kita ketahui bersama, SEO adalah Search Engine Optimization yang mana secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah proses yang dilakukan untuk mendapatkan traffic dari mesin pencari yang dilakukan secara organik serta natural. Tujuan utama SEO adalah membuat situs berada di halaman pertama Google. Selalu ingat, semakin bagus posisi sebuah website di mesin pencari maka semakin mudah bagi pengguna Google untuk menemukan keberadaan Anda.

Cara Kerja SEO

3 “Pilar” SEO

Sebagai digital marketer, mengetahui bagaimana cara mempromosikan brand, mengelola website, serta membuat perusahaan Anda berada di pencarian adalah sebuah skill untuk bisa tetap berada di “top game”. Untuk semakin paham mengenai SEO, di bawah ini ada 3 “pilar” atau komponen SEO yang tidak boleh Anda lewatkan.

Technical Optimization

Pilar ini adalah sebuah proses untuk “melengkapi” SEO tapi tidak ada korelasi apapun dengan konten. Ini bisa dibilang “behind the scenes” dari sebuah situs atau suatu website. Contoh technical Optimization adalah menjaga agar situs tetap mobile friendly.

On Page Optimization

Secara sederhana On Page Optimization adalah proses yang membuat konten relevan dan mampu menghantarkan user experience yang baik. Hal ini juga termasuk menemukan kata kunci yang cocok, penempatan kata kunci yang cocok, optimasi gambar, dan yang lainnya.

Off Page Optimization

Jika On Page Optimization lebih ke bagaimana Anda mengoptimasikan di dalam sebuah situs, hal ini terbalik dengan Off Page Optimization yang merupakan segala aktivitas yang dilakukan di luar website. Contoh dari Off Page Optimization yang paling mudah adalah melakukan backlink.

Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja SEO?

Cara Kerja SEO

Search engine orang – orang gunakan bagi yang memiliki pertanyaan lalu mereka mencari jawabannya melalui internet. Algoritma mesin pencari sendiri merupakan sebuah program yang dibuat agar search engine mampu memberikan jawaban atas apa yang orang atau pengguna tersebut cari. Search engine mengandalkan algoritma ini untuk menentukan situs mana yang paling pas untuk bisa berada di halaman satu. Secara sederhana, ada tiga cara kerja SEO yang harus Anda ketahui. Ketiganya yakni crawling, indexing, dan ranking. Maksudnya bagaimana? Cari tahu jawabannya di sini.

Crawling

Cara kerja search engine optimization yang pertama adalah crawling. Search engine akan mengirimkan crawlers untuk merekam informasi pada sebuah situs. Web crawlers ini sering disebut juga dengan “spiders” atau juga “robot”. Tujuan utama dari crawling adalah menemukan website – website  baru serta secara berkala memeriksa konten yang sudah teruplad apakah telah diperbarui atau belum.

Dalam menemukan halaman baru, robot crawler mengikuti link yang sudah mereka miliki sebelumnya. Jadi ketika Anda memiliki post dan memiliki tautan ke homepage, ketika spiders melakukan crawling maka bisa jadi mengikuti ke blog post sehingga Google tahu jika Anda baru saja melakukan post pada sebuah situs.

Indexing

Setelah step crawling, lalu yang selanjutnya ada indexing. Indexing secara sederhana adalah proses memutuskan apakah data dari step sebelumnya akan “dipakai” untuk proses selanjutnya atau tidak. Jadi, jika Google merasa konten Anda “layak”, maka Google akan menambahkannya dalam index. Nah index inilah yang nanti akan menentukan ranking di proses selanjutnya. Web dengan konten yang unik jauh lebih mungkin untuk diindex daripada konten yang di dalamnya biasa – biasa saja. Sebuah konten mungkin saja tidak akan terindex jika :

  1. Konten duplikat
  2. Ada kecurigaan konten yang “low value” atau spam
  3. Konten tidak bisa di crawling
  4. Halaman atau situs memiliki inbound link yang kurang bagus

Ranking

Cara kerja SEO yang terakhir adalah rangking. Rangking merupakan proses yang jelas situs yang sudah lulus step sebelumnya lalui yakni step crawling dan indexing tadi. Google sendiri menggunakan banyak indikator untuk memberikan rangking. Indikator ranking factor ini ada yang dipublikasikan secara terang – terangan dan ada juga yang tidak dipublikasikan sama sekali. Namun, untuk mendapatkan rangking yang bagus, ada baiknya untuk memperbaiki ketiga pilar di atas.

Nah itulah secara singkat mengenai bagaimana cara kerja SEO. Semoga dengan memahami cara kerja SEO ini bisa membuat Anda paham dan dapat menyimpulkan mana yang bagus untuk situs Anda dan mana yang tidak. Semoga artikel yang satu ini dapat membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *