Terlalu sering istilah “findability” dan “searchability” dalam SEO terdengar. Tapi, apakah kedua istilah ini sama? Jawabannya findability dan searchability dalam SEO tidak sama. Meskipun kata ini merupakan sinonim namun dalam istilah SEO memiliki arti yang berbeda. Mengapa Anda harus peduli? Simak serba serbinya di bawah.
Dalam search engine optimization, membuat website mudah ditemukan adalah sesuatu yang penting. Untuk mendapat traffic yang bagus, halaman harus sesuai dengan keinginan user dan dapat mudah dicari. Nah Anda bisa mengetahui perbedaan kedua istilah ini dengan mengetahui hal – hal di bawah ini :
Apa yang Membuat Website Findable?
Findability merupakan sesuatu yang penting dan krusial di pemasaran dan penjualan. Tanpa adanya findability, bisnis Anda akan melewatkan banyak keuntungan. Findability dalam SEO dapat memiliki arti sebagai seberapa mudah sebuah situs dapat user temukan di mesin pencari. Tak sampai hanya situ saja, findability juga merujuk pada betapa mudahnya konten ditemukan dalam sebuah situs. Dalam hal ini, kata “find” merujuk pada menunjukkan lokasi informasi yang diketahui di lokasi yang diharapkan.
Untuk membuat website findable, Anda harus mengkombinasikan beberapa aspek. Aspek penting tersebut adalah :
- Good user interface design
- Accessibility
- SEO
- Struktur informasi yang jelas
Findability memungkinkan user untuk mengunjungi situs Anda lagi melalui catatan atau bookmark yang ada di browser (jika user simpan). Findability yang bagus memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi spesifik. Beberapa contoh findability yang baik adalah :
- Saran istilah penelusuran yang muncul saat pengguna mengetikkan istilah di mesin pencari
- Menawarkan saran ejaan alternatif
- Meng-highlight hasil penelusuran untuk memverifikasi pencocokan istilah
Apa yang Membuat Situs Searchable?
Searchability merupakan kemampuan untuk menarik informasi melalui pencarian eksternal dan internal dengan menggunakan informasi ada. Sebuah frasa atau kata kunci tertentu ketika diketikkan dalam mesin pencarian maka Google akan memberikan hasil situs – situs yang “mengandung” kata kunci tersebut. Agar situs dapat mudah user cari, situs harus mudah user akses, berisi konten yang bagus dan memiliki konten yang berfokus pada pengguna.
Beberapa metode yang bisa membuat situs searchable adalah :
- Pembuatan meta tags yang benar
- Penempatan keyword yang benar
- Konten yang relevan
- Dan internal link yang menuju ke halaman yang masih memiliki korelasi
Mengapa Harus Peduli?
Jika bisnis Anda menggunakan website yang teroptimasi dengan search engine optimization, Anda pasti paham jika pembuatan konten, penempatan kata kunci, backlink dan beberapa hal yang lainnya merupakan sesuatu yang penting untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari. Namun, selain memperhatikan hal – hal tersebut, Anda juga harus memperhatikan juga hal lain. salah satunya adalah findability dan searchability dalam SEO. Jadi, jangan sepelekan kedua elemen ini.