SEO Untuk Landing Page, Apakah Perlu? Ketahui Selengkapnya di Sini!

SEO untuk Landing Page

Dalam hal strategi digital marketing, landing page tercipta untuk mendorong adanya konversi bisnis. Memiliki halaman website yang tidak berperforma baik di dalam SERPs adalah suatu pemborosan. Anda tidak akan mendapatkan konversi dari situs tersebut. Begitupula dengan landing page. Anda harus melakukan SEO untuk landing page agar landing page tersebut mampu menjadi sumber konversi bisnis. Namun, bagaimana caranya?

Seorang marketer dituntut untuk tahu bagaimana cara untuk mengoptimalkan landing page demi mengembangkan bisnis usahanya. Nah agar Anda paham bagaimana cara untuk mengoptimalkan halamannya, mari kita bahas SEO landing page, Apakah berbeda dengan cara optimasi SEO untuk website? Mari ketahui dari pengertiannya terlebih dahulu.

Apa itu SEO Landing Page?

Landing Page berfokus pada keyword tertarget yang Anda harapkan bisa memiliki peringkat di SERPs dan selalu termasuk di dalamnya call to action atau CTA. Landing page termasuk ke dalam strategi digital marketing yang tidak disepelekan. Tujuan utama memiliki landing page dan mengoptimalkannya adalah meningkatkan pangsa pasar Anda dari total lalu lintas pencarian dalam industri Anda.

Umumnya dalam landing page memiliki formulir yang diharapkan pengunjung isi. Landing page yang efektif memberikan user experience yang baik untuk usernya dan membuat user mau tidak mau melakukan konversi yang diharapkan. 

Jika Anda ingin landing page memiliki performa yang bagus di SERPs, Anda harus berfokus pada pengoptimalan konten yang berkualitas dan baru. Ini juga berlaku pada landing page dimana konversi dan klik sangat dipengaruhi oleh konten. 

Best Practice SEO untuk Landing Page

SEO Landing Page

Dengan SEO yang benar, Anda dapat menarik pengunjung untuk menjelajah di situs Anda dan diharapkan tertarik untuk melakukan pembelian pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. SEO pada landing page memungkinkan Anda untuk memperoleh leads yang jauh lebih banyak dan pada akhirnya berakhir pada peningkatan konversi dan Anda bisa mendulang kesuksesan berbisnis online dengan mudah.

Keyword Strategy

Strategi kata kunci yang solid mampu membentuk dasar landing page yang kuat. Anda bisa memilih long tail keyword dengan fokus pada maksud pencarian. Gunakan kata kunci dalam konten yang alami dan juga sistematis. Ingatlah jika Anda menulis untuk manusia dan bukan bot. Perhatikan bagaimana keyword Anda ditempatkan dalam konten. Gunakan jasa penulis artikel profesional jika Anda kesulitan membuat konten untuk landing page Anda. 

Bantu Mesin Pencari Memahami Struktur Konten Anda

Selain harus memasukkan keyword di landing page Anda, Anda juga harus membuat konten dan landing page Anda terstruktur dengan benar agar search engine dapat dengan mudah memahaminya, menganalisa, dan mengenalinya. Ada beberapa elemen yang harus Anda perhatikan mulai title tag, alt tag, meta description, heading, internal links dan yang lainnya.

Perhatikan URL

Dalam SEO, setiap detail sangat berpengaruh, termasuk di dalamnya URL untuk landing page. URL nyatanya mampu mengkomunikasikan konten yang dapat orang temukan di halaman. Namun, buat URL landing page Anda tetap pendek, mudah orang ingat, dan tidak memiliki tanda hubung apapun. 

SEO Landing Page

Monitor Page Speed

SEO untuk landing page yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah memastikan page speed nya. Ya, Anda harus memastikan landing page Anda bisa terbuka dengan cepat. Tentu saja alasannya tak lain dan tak bukan adalah karena user ingin jawaban yang cepat atas kueri yang mereka tuliskan di pencarian. Slow speed juga nyatanya berpengaruh pada bounce rate Google Analytics. Ini mengindikasikan bahwa situs Anda kurang bagus di mata Google.

Bangun Backlink Anda

Tak hanya berguna untuk website saja, landing page juga memerlukan backlink yang berkualitas. Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, Anda harus menciptakan konten – konten yang menarik dan berkualitas pula. Anda juga bisa “mengintip” backlink milik kompetitor untuk diterapkan pada landing page Anda. Untuk melihat backlink kompetitor, Anda bisa menggunakan tools seperti MOZ, Ahrefs dan yang lainnya.

Siap Optimalkan Landing Page Anda Sekarang?

Jadi, bagaimana? Sudah siap optimalkan dengan SEO untuk landing page? Landing page tidak akan berguna apa – apa jika audiens Anda tidak melihat landing page Anda. Sama seperti website – website pada umumnya, landing page juga harus teroptimakan menggunakan SEO yang tepat agar dapat user lihat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *