Keberhasilan membuat iklan Google Ads bisa dilihat dengan seberapa tinggi konversi yang berdampak terhadap peningkatan jualan. Guna bisa mencapai kesuksesan itu, Anda perlu memahami tips membuat ads copy untuk campaign Google Ads ala Jasa Pasang Iklan Google Ads Jakarta.
Hal ini perlu dilakukan supaya iklan yang tayang dapat menarik minat audiens sesuai yang Anda targetkan. Sebelum memahami lebih lanjut bagaimana membuat ads copy yang tepat untuk Google Ads, Anda perlu memahami istilah satu ini terlebih dahulu.
Apa Itu Ads Copy?
Ads Copy adalah singkatan dari advertising copy, merupakan tulisan persuasif yang digunakan dalam pembuatan kampanye iklan. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian, mempengaruhi target audiens, membangun keinginan, dan memicu tindakan seperti mengunjungi situs web, membeli produk atau daftar layanan yang ditawarkan.
Bagian Ads Copy dalam Campaign Google Ads
Sebelum memulai ads copy, perlu diketahui bagaimana kerangka bagian di dalam isi kampanye iklan itu sendiri. Ads copy sendiri memiliki 3 bagian utama yang terdiri dari berikut ini.
Headline
Headline adalah judul utama yang ditulis pada bagian pertama campaign Google Ads. Bagian ini bisa diisi dengan judul yang relevan dengan isi konten dan terdiri dari 3 bagian sebanyak 30 karakter tulisan. Karena jumlah kata yang digunakan terbatas, maka Anda harus cermat dalam membuat judul yang singkat namun bisa menari target audiens untuk membacanya.
Description
Bagian ini bisa ditulis setidaknya 90 karakter dalam 2 bagian yang berisi tentang penjelasan singkat dari isi konten itu sendiri. Dimana Anda bisa membuat kalimat agar audiens yang sudah mengklik website bisa membaca lebih lanjut iklan yang dibuat.
URL Path
Dalam menulis copy ads, Anda juga bisa memodifikasi URL path yang terdapat di iklan Google Ads. URL path memiliki 2 bagian yang bisa dimodifikasi dengan 15 karakter tulisan. Manfaat ini adalah kesempatan untuk optimasi dengan menuliskan kata kunci sesuai kampanye iklan yang dibuat.
Dari ketiga bagian tersebut, Anda bisa mengetahui masing-masing sangat terbatas untuk memberikan informasi tentang iklan Anda. Maka dari itu, Anda perlu memprioritaskan informasi yang penting pada bagian awal ads copy untuk menarik audiens.
Tips Membuat Ads Copy untuk Campaign Google Ads yang Tepat
Agar tingkat keberhasilan campaign Google Ads mempunyai nilai yang cukup tinggi, Anda bisa menerapkan cara membuat ads copy yang tepat. Adapun tips ampuhnya bisa dilakukan dengan beberapa tahapan berikut ini.
Riset Kata Kunci
Saat membuat ads copy, Anda perlu melakukan riset kata kunci yang relevan dengan kategori atau deskripsi produk iklan Anda. Kemudian, pilih lah kata kunci yang sekiranya bisa mendatangkan jumlah audiens yang banyak.
Kata kunci yang relevan ini bisa memudahkan sistem Google untuk mengidentifikasi iklan Anda. Sehingga, iklan nantinya dapat muncul di halaman pencarian teratas Google dan membuat audiens yakin campaign tersebut dapat menjawab kebutuhan yang dicari mereka/
Lokalisasi Target Audiens
Banyak audiens yang tertarik untuk menggunakan jasa atau produk yang berada dekat dari tempat tinggal mereka. Anda bisa melakukan lokalisasi daerah mana yang memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah konversi pada iklan Anda.
Misalnya Anda membuka jasa desain interior di beberapa daerah yang tersebar di Indonesia. Anda bisa membuat kampanye iklan yang berbeda seperti ‘jasa desain interior Yogyakarta’, ‘jasa desain interior Semarang’, ‘jasa desain interior Solo’, dan lain-lain.
Gunakan Kata Sapaan yang Hangat
Dalam membuat ads copy di Google Ads, pemilihan kata juga perlu diperhatikan dengan tertuju langsung kepada audiens Anda. Anda bisa menggunakan kata sapaan seperti ‘kamu’ atau ‘Anda’ yang membuat audiens merasa bahwa iklan ini ditawarkan untuk mereka.
Singkatnya ads copy ini bisa menjadi jembatan penghubung agar penjual dapat berinteraksi dengan konsumennya. Dampaknya, ini bisa memberikan impresi yang ramah dan menimbulkan kedekatan antara penjual dan audiens.
Emotional Trigger
Ads copy yang baik juga bisa membangkitkan energi audiens yang lebih positif. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat kalimat yang memunculkan rasa atau emosi dari audiens.
Ketika emosi dan perasaan audiens terpancing, maka besar kemungkinan iklan yang dibuat memberikan kesan yang membekas di benak mereka. Contoh ads copy yang menggunakan emotional trigger ‘Makin untung belanja di …..’.
Unique Selling Point
Buatlah iklan lebih menarik dan berbeda dengan kompetitor lain, seperti menonjolkan kualitas atau pelayanan yang ditawarkan. Gunakan kata-kata yang spesifik dan to the point sehingga bisa memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa produk Anda lebih unggul dari lainnya.
Call to Action
Call to Action (CTA) adalah panggilan kepada audiens agar mereka melakukan aksi berikutnya. Kalimat ini digunakan untuk mengajak audiens untuk segera melakukan konsultasi atau membeli produk yang ditayangkan di campaign iklan.
Contoh-contoh kalimatnya cukup singkat namun tetap tegas untuk mengajak audien melakukan aksi saat itu juga. Misalnya seperti ‘Beli sekarang!’, ‘Daftar sekarang!’, ‘Konsultasi WhatsApp’, dan lain-lain.
Itu dia langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam pembuatan kampanye iklan di Google Ads. Tips membuat ads copy untuk campaign Google Ads ini sangat berguna untuk meningkatkan konversi serta menaikkan penjualan online. Agar penayangan iklan lebih optimal, Anda bisa menggunakan layanan jasa Google Ads terpercaya untuk bisnis Anda.