Campaign dalam Google Ads, Jenisnya Apa Saja?

Campaign Google Ads

Google menyediakan fitur untuk melakukan campaign yang lebih di kenal dengan google ads. Namun apa itu campaign (kampanye)?. Kampanye merupakan suatu cara yang di gunakan untuk mempromosikan suatu jasa atau produk agar lebih di ketahui oleh banyak audiens. Salah satu wadah atau layanan untuk berkampanye adalah dengan menggunakan google ads. Campaign dalam google ads sendiri tersedia dalam layanan yang sangat luas diantaranya mencakup hasil penelusuran situs, video, lokasi, shopping dan lainnya.

Banyaknya layanan yang di sediakan, membuat kampanye di google ads menjadi ladang utama untuk beriklan. Apalagi google merupakan tempat utama orang dalam menelusuri internet. Dengan bantuan dari google Anda dapat lebih mudah menargetkan target iklan dengan lebih relevan dan pas.

Ada beberapa jenis campaign dalam google ads yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis campaign tersebut terbagi menjadi 5, berikut kami akan membahasnya satu persatu.

Jenis Campaign dalam Google Ads

Campaign Google Ads

Search Network

Pertama tentunya adalah pada jaringan penelusuran. Sebagai mesin pencari nomor satu di dunia, beriklan dengan hasil pencarian di google menjadi yang utama. Ketika seseorang mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan yang kata kunci yang Anda gunakan, maka iklan Anda akan dengan mudah tampil di halaman utama dari pencarian google.

GDN

Selanjutnya adalah jaringan display. Dimana untuk jenis campaign ini membantu Anda dalam menjangkau audiens sasaran market Anda menjadi lebih tepat sasaran. Anda akan menemui iklan jenis ini ketika Anda sedang mengunjungi situs-situs yang biasa Anda kunjungi. Selain itu iklan ini juga akan muncul ketika Anda menggunakan aplikasi yang ada iklan di dalamnya. Biasanya iklan ini berupa sebuah gambar yang menarik.

Shopping

Jenis iklan ini menampilkan produk Anda yang di lengkapi dengan judul, harga produk dan nama online shop. Sehingga iklan ini akan lebih menarik audiens dan lebih memperbesar kemungkinan untuk membeli produk.

Video

Jenis campaign ini adalah jenis iklan dimana Anda dapat melakukan  iklan penayangan video. Jenis iklan videonya pun ada beragam yaitu, iklan instream, instream yang tidak dapat dilewati, discovery, dan iklan bumper.

Google Play

Iklan jenis ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin mempromosikan aplikasi Anda. Untuk jenis iklan ini, google yang akan mendesain iklan Anda. Anda akan diminta untuk mengisi bahasa dan lokasi prioritas iklan Anda, teks ide iklan Anda, bid, serta anggaran yang akan Anda habiskan untuk beriklan.

Setelah mengetahui jenis-jenisnya Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan tujuan yang ingin Anda capai. Iklan yang di pecah oleh google menjadi beberapa jenis tentunya memberikan solusi dan kemudahan bagi pelaku bisnis dalam mencapai tujuan dari iklan. 

Google juga memberikan fitur-fitur yang mampu membimbing pengguna dalam melakukan kampanye bahkan bagi pemula sekalipun. Anda dapat meninjau kampanye Anda, kesehatan kampanye Anda serta mengetahui estimasi dari performa iklan Anda.

Bagi Anda pelaku bisnis ada baiknya Anda luangkan waktu beberapa menit setiap harinya untuk mencari kata kunci yang pas untuk produk Anda. Selain itu, pelajari dan cari tahu lokasi yang sedang banyak mencari produk Anda. Kedua hal tersebut membuat iklan Anda menjadi lebih tepat sasaran. Pelajari mengenai copywriting yang mampu menarik audiens untuk mengunjungi situs Anda atau bahkan membeli produk Anda. Dengan begitu kampanye Anda akan menjadi lebih efektif. Nah inilah sedikit pembahasan mengenai campaign dalam Google Ads.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *