CPM dalam google ads – Siapa disini yang pernah menjalankan iklan online? Maka kamu pasti tidak asing dengan yang namanya CPM. Cost per mille atau CPM merupakan suatu matrik yang sangat penting demi menentukan keberhasilan iklan.
Dengan meninjau angka CPM, kamu dapat membandingkan kinerja serta performa iklan kamu, pada berbagai platform. Yang bertujuan agar kamu dapat menentukan channel mana yang paling efektif demi mencapai tujuan dari pemasaran kamu.
Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk mengerti serta memahami secara lebih mendalam tentang apa itu CPM google ads. Dengan mempelajarinya kamu pasti akan lebih mengetahui bagaimana cara untuk mengoptimasinya supaya iklan kamu dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal.
Pengertian CPM
Cost Per Mille yang merupakan kepanjangan dari CPM, yang berasal dari bahasa latin dari seribu. CPM adalah suatu ukuran yang menunjukkan besaran dari biaya yang kamu keluarkan untuk pengiklanan pada setiap 1000 impression atau jumlah tayang. Yang diperoleh oleh iklan tersebut.
Apabila pengiklanan mengajukan bid atau tawaran untuk membayar sampai dengan Rp 50.000 CPM, itu artinya kamu harus membayar sebesar Rp 50,000 pada setiap 1000 jumlah tayang dari iklan kamu. Itu berarti untuk setiap 1 kali tayang iklan, kamu akan membayar sebesar Rp 30.
Seberapa Pentingkah CPM itu?
CPM untuk marketing pada umumnya lebih terjangkau bila kamu membandingkannya dengan iklan yang pengoptimalannya menggunakan CPA atau CPC. Tetapi, masing-masing platform itu membutuhkan biaya yang berbeda-beda dan juga cakupan audience pada iklan kamu dapat mempengaruhi jumlah biaya yang kamu keluarkan.
Berikut ini kelebihan jika kamu menggunakan CPM untuk mengoptimasi iklan kamu:
- Meningkatkan awareness: karena harga yang lebih murah dari yang lain, kamu bisa menayangkan iklan kamu secara lebih banyak dan luas. Sehingga akan semakin banyak orang yang mengetahui iklan kamu.
- Memunculkan Social Buzz: bila konten yang kamu iklankan itu menarik, maka audience dari iklan tidak akan sungkan untuk membagikan konten tersebut pada social media mereka.
Terus Bagaimana Cara Menghitung CPM dalam google ads?
Tenang saja pada artikel ini akan memberikan gambaran singkat mengenai bagaimana cara menghitung CPM, untuk meningkatkan performa iklan pada google ads.
Menentukan Budget Iklan
Pertama-tama kamu wajib menentukan budget yang akan kamu keluarkan untuk beriklan di google ads. Contohnya, budget yang akan kamu alokasikan untuk beriklan di google ads adalah sebesar Rp 5.000.000.
Menentukan Target Impressions yang Kamu Inginkan
Setelah kamu menentukan budget iklan, kamu juga perlu untuk menargetkan berapa sih jumlah impressions yang kamu inginkan. Contohnya, kamu menargetkan untuk mendapatkan sebanyak 250.000 impressions pada iklan di google ads.
Menghitung CPM
Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menghitung CPM iklan google ads. Cara menghitungnya cukup mudah kamu hanya perlu untuk membagi biaya budget iklan dengan jumlah impressions kemudian dikalikan dengan 1.000. Dengan budget sebesar Rp 5.000.000 dan target impressions sebesar 250.000, maka besar CPM untuk iklan di google ads kamu adalah Rp 20.000.
Terus Bagaimana Cara Mengoptimasi CPM dalam Google Ads?
Saat ini, sudah banyak sekali platform baik itu media sosial maupun search engine, yang menyediakan optimasi CPM untuk beriklan di platform tersebut. Salah satunya adalah google ads yang pastinya sudah tidak asing lagi kamu dengar.
Berikut ini cara bagaimana untuk mengoptimalkan CPM agar campaign iklan pada google ads kamu lebih maksimal:
- Menentukan target audiens yang tepat: dengan menetapkan audiens yang tepat untuk iklan, maka kamu dapat memastikan pengeluaran iklan sehingga lebih optimal.
- Memantau terus frekuensi tayang iklan: dengan cara memastikan agar iklan kamu tidak muncul pada audiens yang sama lebih dari dua kali.
- Menambahkan Social Proof: dengan cara bekerja sama dengan KOL serta membagikan tanggapan dari pelanggan terkait produk kamu. Ini bertujuan agar audiens akan lebih yakin bahwa produk yang kamu iklankan di google ads itu berkualitas.
Kesimpulan
Nah dari pembahasan di atas maka kita dapat menyimpulkan bahwa pengukuran CPM mempunyai peran yang penting untuk menjalankan iklan di google ads. Tanpa pengukuran CPM, kamu akan kurang mengetahui lebih mendalam seberapa efektif iklan kamu demi meningkatkan reach untuk brand kamu.
Untuk pengoptimalan yang lebih maksimal kamu bisa juga menggunakan jasa google ads Malang terpercaya. Dengan menggunakan jasa google ads, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi untuk memikirkan strategi serta proses pengoptimalan CPM di google ads. Karena dengan jasa google ads Malang, kamu akan dibantu untuk proses pengiklanan sampai dengan proses mengoptimalkan iklan tersebut.
Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan jasa google ads tersebut kamu bisa langsung mengunjungi situs websitenya. Dalam website jasa google ads Malang terdapat call extensions, yang dapat mempermudah kamu untuk menghubungi langsung jasa tersebut.Itulah hal-hal penting yang perlu kamu ketahui tentang CPM. Harapannya kamu lebih paham dan lebih mengerti lagi untuk mengoptimalkan CPM dalam google ads. Sehingga iklan yang kamu kampanyekan di google ads menghasilkan revenue yang besar untuk bisnis kamu.