Konversi dalam Google Ads, Seberapa Penting dalam Mengukur Keberhasilan Iklan?

Konversi dalam Google Ads

Konversi  dalam Google Ads merupakan tindakan yang dihitung saat seseorang berinteraksi dengan iklan atau listingan produk gratis Anda, atau melakukan tindakan dianggap bernilai bagi bisnis Anda, seperti pembelian online atau panggilan telepon ke bisnis dari ponsel.

Cara Meningkatkan Konversi dalam Google Ads

Semua orang menginginkan Conversion Rate yang tinggi pada Google Ads. Dalam pengiklan di Google Ads, memiliki dua misi utama:

  1. Meningkatkan conversion rate
  2. Mengurangi biasa pengkonversian

Berikut ini Teknik yang bisa digunakan :

Menggunakan Remarketing sebagai Tools untuk CRO

Remarketing adalah cara yang efektif untuk meningkatkan CRO dan membantu Anda untuk meyakinkan pengunjung yang sebelumnya merasa ragu untuk kembali ke website Anda. Harus diingat juga bahwa tujuan ini hanya dapat diperoleh dengan Tools pelacakan konversi yang benar-benar bagus.

Ketika Anda memilih untuk menggunakan Remarketing secara sederhana iklan Anda yang sebelumnya telah dilihat banyak orang akan tampil kembali. Dengan cara ini, Anda membawa kembali orang-orang tersebut ke website Anda guna meningkatkan peluang iklan untuk di klik kembali oleh mereka. Bahkan, besar kemungkinan bagi mereka untuk membeli produk Anda.

Tes desain landing page Anda

Desain dari landing page Anda akan membuat perbedaan besar dalam rating konversi iklan Anda. Ketika konversi landing page Anda tinggi, Anda bisa memaksimalkan klik dan traffic daripada membuang banyak uang dengan cara ini Anda bisa melihat peningkatan yang berkelanjutan pada Konversi Google Ads Anda.

Setiap elemen pada landing page anda harus Anda tes. Contohnya, Anda bisa melakukan tes CTA Placement, bentuk dan warna. Setiap perubahan yang dilakukan pada landing page tersebut bisa membantu Anda untuk meningkatkan conversion rate.

Menyesuaikan AD Copy dengan Landing Page

Google menggunakan quality score untuk mengukur seberapa efektif dan efisien kampanye PPC Anda. Skor yang tinggi berarti menunjukkan bahwa ad copy Anda relevan dan menarik.

Hal lain yang lebih penting adalah Quality Score yang tinggi akan mengurangi biaya iklan Anda, bahkan membuat iklan Anda berada di posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian dan meningkatkan konversi Google Ads Anda.

Google Ads adalah cara terbaik untuk meningkatkan traffic website Anda dengan cepat. Namun, Anda juga harus mencari cara terbaik untuk meningkatkan conversion rate pada iklan tersebut. Beberapa tools di atas bisa Anda manfaatkan untuk peningkatan conversion rate tersebut.

Cara Kerja Google Ads

Google Ads menyediakan cara bagi penayang untuk mendapatkan uang dari konten online yang berfungsi untuk mencocokan iklan dengan situs Anda berdasarkan konten dan pengunjung. Iklan tersebut dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk Anda. Karena pengiklan tersebut membayar berbagai iklan dengan biaya yang berbeda, jumlah yang ANda terima pun tidak akan sama.

Google Ads dala tiga langkah:

  1. Menyediakan Ruang Iklan
  2. Iklan yang membayar paling tinggi akan muncul di situs 
  3. Pembayaran

Jenis Iklan Google Ads

Konversi

Sebelum membuat iklan pastikan Anda tahu tujuan dan hasil yang ingin dicapai. Ini penting agar tepat sasaran dan tidak terbuang sia-sia. Pastikan juga jika Anda sudah mengenal jenis-jenis iklan di Google Ads, berikut di antaranya:

Search Campaign

Biasanya berbentuk teks, iklan ini dapat tampil di halaman hasil Google saat seseorang menelusuri produk atau layanan dengan keyword relevan. Iklan ini akan berada di posisi paling atas dengan label “Iklan” atau “Ad”.

Shopping Campaign

Bagian dari search campaign di dalam iklan akan di promosikan dengan tampilan visual di halaman hasil pencarian dan halaman Google Shopping.

Display Campaign

Biasanya berbentuk gambar, iklan ini tampil di berbagai jaringan display Google. Google menawarkan untuk menampilkan iklan banner di dalam halaman website atau aplikasi yang merupakan bagian dari jaringan Google.

App Campaign

Campaign ini merupakan bagian dari display campaign. App campaign ini biasanya di gunakan untuk mempromosikan aplikasi seperti mendorong penginstalan iklan akan muncul di Google Play, Google Search atau Youtube.

Campaign

Berupa video dengan durasi 6 atau 15 detik, iklan ini di tampilkan tepat sebelum atau selama pemutaran konten Youtube. Pada jenis ini, Anda juga bisa memasang kampanye iklan yang tidak dapat di skip oleh penonton.

Cara Membuat Iklan Google Ads

  1. Buka Google Ads
  2. Masukkan tujuan campaign

Berikut merupakan beberapa pilihan goal yang akan di capai dalam membuat iklan yaitu sebagai Sales (penjualan produk secara offline maupun online), Leads (untuk mendapatkan leads dan konversi), Website Traffic (untuk mendapatkan pengunjung ke website), Product and Brand Consideration (mendorong pelanggan dalam mengenali bisnis), Brand Awareness and Reach (menjangkau audience luas dan membangun awareness), App Promotion (mempromosikan aplikasi agar pelanggan melakukan install), Local Store Visits and Promotion (meningkatkan kunjungan toko fisik).

  1. Pilih Jenis Tampilan Google Ads
  2. Pilih Target Lokasi dan Bahasa
  3. Sesuaikan Target Audiens
  4. Tentukan Anggaran Iklan Harian
  5. Tentukan Bidding untuk Iklan
  6. Lengkapi Informasi Lain Soal Bisnis
  7. Atur Keyword untuk Iklan
  • Broad Match, berisi semua kata, mungkin dengan urutan apapun dan dapat menyertakan kata lain.
  • Phrase Match, berisi semua kata, dalam urutan dan dapat mencakup kata lain sebelum atau sesudah frase.
  • Exact Match, hanya berisi kata-kata ini dalam urutan ini.
  1. Buat Ad Copy
  2. Lakukan Review
  3. Siapkan Detail Penagihan

Setelah mengetahui apa itu Google Ads, Apa itu Konversi Google Ads dan beberapa hal di Konversi Dalam Google Ads ini, Anda bisa memulai untuk mencoba membuat iklan di Google Ads pertama Anda. Selamat mencoba

Scroll to Top